Berkenalan dengan Macam Jenis Pola Makan Vegetarian

Vegetarian adalah salah satu pola makan sehat yang lumayan banyak diterapkan oleh masyarakat di berbagai negara di belahan dunia. Secara umum vegetarian sendiri adalah sebuah pola makan yang menghindari daging. Kebanyakan masyarakat memilih untuk menerapkan pola makan vegetarian karena alasan kesehatan, meskipun beberapa juga terdapat alasan yang lainnya. Menerapkan pola makan sehat ala vegetarian dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari sebagai salah satu cara untuk mengontrol berat badan sehingga dapat terhindar dari masalah obesitas, kemudian memperbaiki tingkat kolesterol baik sehingga beberapa masalah kesehatan yang berkaitan dengan kolesterol, seperti salah satunya adalah penyakit jantung dapat untuk dihindari. Menerapkan pola makan vegetarian juga memperkecil resiko mengalami masalah tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, kanker usus besar maupun beberapa masalah kesehatan yang lainnya.

Berkenalan dengan Macam Jenis Pola Makan Vegetarian

Pola makan vegetarian sendiri ada beberapa jenis yang antara jenis satu dengan lainnya terdapat beberapa perbedaan dalam hal pengaturan pola makan. Untuk lebih lengkapnya, mari kita berkenalan dengan beberapa jenis vegetarian :

 

  1. Semivegetarian

Jenis vegetarian yang pertama adalah semivegetarian atau juga disebutnya dengan flexitarian. Jenis pola makan vegetarian yang satu ini adalah megkonsumsi makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, akan tetapi masih mengkonsumsi makanan yang berasal dari hewani seperti daging, unggas, telur, ikan sampai dengan produk susu dalam jumlah yang minim.

 

  1. Lacto Vegetarian

Mereka yang menjalankan pola makan lacto vegetarian ini tidak mengkonsumsi daging, ikan, maupun unggas. Akan tetapi, produk yang berasal dari hewani tersebut masih dikosumsi, seperti keju, yogurt, sampai dengan susu.

 

  1. Ovo Vegetarian

Jenis vegetarian yang ketiga adalah ovo vegetarian. Mereka yang menjalankan pola makan satu ini tidak mengkonsumsi daging, ikan maupun unggas, mirip dengan lacto vegetarian. Akan tetapi untuk ovo vegetarian tidak mengkonsumsi olahan dari hewani, kecuali telur saja. Jadi, produk susu, yogurt maupun keju dihindari oleh mereka yang menjalankan pola makan ovo vegetarian ini.

 

  1. Lacto-ovo Vegetarian

Untuk jenis vegetarian yang satu ini, pola makan yang diterapkan adalah tidak mengkonsumsi semua jenis daging, akan tetapi masih mengkonsumsi produk olahannya yakni telur dan juga susu.

 

  1. Vegan

Jenis vegetarian yang terakhir adalah vegan, yang merupkana vegetarian paling ketat. Pola makan vegan adalah dengan sama sekali tidak mengkonsumsi daging, unggas, ikan maupun produk olahan lainnya seperti susu, keju, yogurt maupun juga telur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *